Sabtu, 25 Juni 2016

[Review] Drama Korea Another Oh Hae Young (Another Miss Oh)

Poster

Hai! Bertemu lagi!


Kali ini aku kembali mereview K-Drama, setelah sebelumnya mereview drama comeback-nya Yoo Seung Ho (baca: Remember).
Baca juga: [Review] Drama Korea Remember
Sebenernya inginnya mereview K-Drama Signal dulu, tapi berhubung lagi seneng sama drama Oh Hae Young sepertinya harus ditunda dulu. Omong-omong, kalau diminta nilai drama Signal, itu drama warbyasah. Alurnya complicated, aktingnya joss, lain dari yang lain. Pas nonton, yang terpikirkan di pikiran: Kok bisa ya, penulis naskahnya kepikiran ide segitu briliannya. Mungkin, lain kali yak reviewnya. Bagi yang suka genre detektif, drama berhawa misterius, dan banyak flashback kenangan masa lalu, yakin ga tertarik nonton?

Kembali ke drama Another Oh Hae Young.

Aku kenal drama ini sejak episode kesatunya meluncur, tapi baru nonton pas udah mau episode akhir-akhir. Alasannya? Pertama, aku lihat genre dramanya kok romance, padahal baru seneng yang drama berbau detektif. Drama romance? Haduh, jangan dulu deh. Drama yang genrenya sama dari zaman-entah-kapan belum kelar gara-gara males lanjutin (termasuk drama Descendants of the Sun yang cuma tahan sampai episode 3 buahaha, maafkan aku Kang Ma Roo-ssi). Kedua, ketipu poster! Aku tipe orang yang jatuh cinta sama drama dari pandangan pertama posternya, padahal udah sangat awam sama pepatah:

Don't judge a book by its cover!

Dan, benar! Biarpun sampulnya kurang kuat dan didominasi dengan warna pastel yang akrab dengan warna manis gula pasir, ternyata alur dramanya jauh beda. Tokohnya punya karakter strong, bukan yang Oppa, oppa, saranghaeyo! Bukan juga yang menceritakan gadis miskin yang terbully oleh laki-laki kaya pewaris perusahaan, terus ada laki-laki tampan yang selalu ada tiap dibutuhin, cerita segitiga, bla bla bla, yang akhirnya mereka hidup bahagia selamanya mirip cerita Cinderella. Big no.

Drama ini mengisahkan seorang wanita bernama Oh Hae Young (Seo Hyun Jin) yang batal menikah sehari sebelum pernikahannya berlangsung. Calon suaminya yang membatalkan dengan alasan, ia tidah tahan melihat cara makan Oh Hae Young. Siapa yang nggak kretek, termasuk keluarganya juga. Di lain cerita, ada pria, Park Do Kyung (Eric Mun), yang bernasib sama. Sang mempelai wanita melarikan diri saat hari pernikahannya. Mempelai wanita itu juga bernama Oh Hae Young (Jeon Hye Bin). Galau berat deh.

Selang beberapa lama, teman Park Do Kyung punya informasi kalau ternyata Oh Hae Young akan menikah dengan seorang pria pebisnis kaya dan itulah alasan mengapa wanita itu melarikan diri di hari pernikahannya. Berniat menghibur temannya, teman Park Do Kyung, Lee Jin Sang (Kim Ji Seok), menyarankan Park Do Young untuk balas dendam dengan membujuk Ketua Jang menarik investasinya pada perusahaan pria pebisnis itu. Pria pebisnis itupun bangkrut dan dijebloskan ke penjara dengan dakwaan penipuan. Tapi ternyata, terjadi kesalahpahaman. Oh Hae Young yang menjadi calon istri pria pebisnis tadi, bukan Oh Hae Young calon mempelai Park Do Kyung yang melarikan diri di hari pernikahannya. Mereka wanita yang berbeda. Setelah dicek di buku tahunan sekolah, memang benar ada dua Oh Hae Young yang kebetulan satu sekolah dan satu kelas.

Di sinilah ceritanya dimulai. Park Do Young mendapat suatu penglihatan seorang wanita asing entah siapa yang akan bertemu dengannya dalam keadaan mimisan. Ternyata, penglihatan itu merupakan awal pertemuannya dengan Oh Hae Young. Pertemuan mereka terus terjadi secara tidak sengaja, hingga akhirnya Oh Hae Young menceritakan kisah pernikahannya yang batal. Di sini rasanya pengen nunjuk Park Do Kyung, ini semua ulahmu. Wanita itu berpikiran tidak akan bertemu Park Do Kyung kembali, jadi tidak ada salahnya menceritakan kisah tragisnya. Dan, seingatku Park Do Kyung melontarkan kata favorit:

Hiduplah meski itu menyakitkan.

Dan, suka bagian ini:

Kata-kata favorit bagian Oh Hae Young

Apa mau dikata, takdir berkata lain. Oh Hae Young diusir dari rumah, sehingga mau-tidak-mau harus pindah ke rumah sewaan. Saat mendorong meja, meja itu justru menabrak kayu yang menjadi dinding hingga runtuh. Tanpa disangka, tampak sebuah pintu dari balik dinding, mirip pintu rahasia. Dan, jeng-jeng tetangga rumah sewa Oh Hae Young tak lain dan tak bukan adalah Park Do Kyung. Di scane ini ada explicit content buahaha. Dan cerita masih berlanjut. Kalau dipikir-pikir, TvN memang juaranya bikin drama bagus.

Selain alur ceritanya yang pembawaannya ringan tetapi bukan picisan, soundtrack-nya juga bikin jatuh hati. Suasana lagunya heart-warming, sejenis soundtrack-nya drama Korea Bubblegum, terlebih yang What Is Love (사랑이 뭔데). Coba dengerin, kali aja juga suka.

Sekian review drama Another Oh Hae Young. Semoga membantu bagi yang nonton-enggak-nonton-enggak-nonton. Bagi yang penasaran, cari di warnet terdekat.

Mee, 2016

Baca review drama Korea lainnya di sini.

5 komentar:

  1. Belum nonton nih akuu...
    baca review dlu. :'D
    btw thanks kak.. good post!
    ^^v

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hei, terima kasih sudah mampir baca. Coba ditonton aja, menurutku drama ini salah satu drama bagus tahun ini keluaran tvN dengan segala permasalahan yg diangkat. Semoga reviewnya membantu yaaa hehe ^^

      Hapus
  2. Jatuh hati sekali sama drama ini, knp gk booming ya dramay

    BalasHapus